-->

Selasa, 01 Maret 2011

kesabaran nabiYUSUP as ketika di makan ikan paus




"Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" (Q.S. Al-Anfal[8]:46)

Ash-Shobuur artinya Maha Sabar. Allah SWT Maha Sabar ketika menghadapi makhluk-Nya yang selalu berbuat dosa. Allah sangat sabar untuk tidak tergesa-gesa menghukum makhluk-Nya yang berdosa. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Ash-Shobuur.

Nabi Yunus diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada Kaum Ninawa. Akan tetapi, dakwah Nabi Yunus tidak dihiraukan oleh kaumnya. Sampai akhirnya Allah SWT memberikan hukuman kepada kaum Ninawa. Mereka pun ingin bertaubat dan belajar agama kepada Nabi Yunus. Sayangnya, Nabi Yunus kurang bersabar menghadapi kaumnya, sehingga ia memilih pergi dari negeri itu.

Nabi Yunus tidak tahu akan pergi ke mana. Ia terus berjalan sampai ke sebuah pelabuhan. Ia memutuskan untuk naik sebuah kapal yang akan berlayar. Di tengah laut, awan mendung dan petir menyambar-nyambar, Ombak mulai bergulung-gulung. Kapal pun menjadi oleng. Para awak kapal segera mencari cara agar kapal tidak tenggelam diterjang ombak.

Ternyata, kapal itu kelebihan muatan. Untuk menyelamatkan banyak orang, ternyata harus ada satu orang yang dikorbankan untuk terjun ke laut. Agar adil, nahkoda mengundi siapa yang akan dilempar ke laut. Dari beberapa kali undian, yang keluar adalah nama Nabi Yunus. Nabi Yunus pun pasrah dan terjun ke laut.

Tiba-tiba, muncul ikan paus yang sangat besar. Atas izin Allah SWT, Nabi Yunus masuk ke perut seekor ikan paus selama beberapa hari. Di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus tidak mendapatkan makanan dan udara. Ia berdoa kepada Allah agar diselamatkan. Ia juga menyesali sikapnya yang tidak bersabar kepada kaumnya.

Suatu saat, ikan paus itu bersin hingga membuat tubuh Nabi Yunus terlempar ke daratan. Ketika telah sehat dan kuat, ia pun kembali ke penduduk Ninawa. Nabi Yunus sangat senang karena doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Penduduk Ninawa juga sudah bertaubat dan menerima dakwahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar