-->

Jumat, 11 Maret 2011

Kecepatan Wifi 40% Lebih Buruk dari Koneksi Tetap

Headline
Foto: Istimewa

          Peneliti mengklaim kecepatan jaringan nirkabel/wifi ternyata 40% lebih lambat dibandingkan koneksi tetap. Fenomena itu tentu mengganggu proses konsumsi data.
Studi dari perusahaan riset internet Epitiro mengatakan adanya perbedaan mencolok dalam kecepatan penggunaan jaringan nirkabel dengan fixed connection. Lambatnya akses data itu berpengaruh pada video steraming, kecepatan unduh (download) dan akses permainan online.
"Konsumen yang mengalami masalah performa dengan jaringan nirkabel harus memperbaiki lingkungan rumah atau terkoneksi secara langsung dengan ethernet kabel,” ujar juru bicara Epitiro, JP Curley.
Penurunan akses data itu disebabkan hambatan fisik dan interfensi dari gelombang mikro, monitor bayi dan perangkat radio lainnya. Kecepatan nirkabel juga terdegradasi oleh dinding, pintu dan perabotan rumah, telepon nirkabel maupun kontrol remote televisi.
Meskipun begitu, studi ini juga menemukan waktu untuk mengunduh halaman web hampir sama antara koneksi nirkabel dan koneksi tetap. Ini disebabkan halaman situs tidak rentan terhadap perubahan kecepatan yang berlangsung fluktuatif. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar